Home / Nasional / Nasional

Kamis, 30 Juni 2022 - 05:46 WIB

Bersama Srikandi Dewan, HARPI Bangkit Pulihkan Ekonomi Lewat Gelaran Lomba Rias Pengantin Muslim, Semangat…!!! 

PULIHKAN EKONOMI: Srikandi Dewan bersama HARPI Melati saat gelar Lomba Rias Pengantin Muslim. (Telisik Hati)

 

BUMINUSANTARANEWS.COM – Guna melestarikan busana muslim dan tradisi Jawa, Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati Kabupaten Gresik menggelar lomba rias pengantin muslim dan lomba fashion kostum karnival di Atrium Gressmall, Rabu (29/6).

Ketua HARPI Melati Gresik Nurul Fajriah mengatakan, kegiatan ini melibatkan perias dari 16 kecamatan di Kabupaten Gresik. Harapannya, untuk menyamakan tata cara busana pengantin khas Gresik. Sehingga adat dan budaya masih tetap terjaga.

“Kegiatan ini untuk menyamakan para perias dalam menata busana pengantin dan fashion terhadap busana khas daerah Gresik,” kata Nurul Fajriah.

Selain itu, kegiatan fashion show juga untuk memberikan semangat bagi anak-anak yang hobi fashion. Sebab, selama pandemi Covid-19 kegiatan tatap muka dibatasi oleh pemerintah.

“Dengan kegiatan ini, anak-anak yang mempunyai hobi fashion dapat tersalurkan. Dan kita, bisa mengarahkan anak-anak dalam busana dan adat Jawa,” katanya.

Kegiatan lomba rias pengantin muslim dan lomba fashion kostum karnival mendapat perhatian dari pimpinan DPRD Kabupaten Gresik.

Diantaranya yang ikut membantu Srikandi Dewan, yang tak lain adalah Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Saidah. Menurut Nur Saidah, kegiatan lomba rias pengantin ini perlu mendapat perhatian dari pemkab.

Seperti di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Dinas Pendidikan, sebab tata rias busana ini harus dilestarikan dan dikenalkan kepada anak-anak generasi muda.

“Kita pimpinan DPRD Gresik sangat mendukung kegiatan lomba rias pengantin dan fashion kostum karnival. Sebab, kegiatan ini dalam rangka melestarikan tradisi dan mengenalkan budaya kepada generasi muda Indonesia,” kata Nur Saidah yang juga Pembina Himpunan Pengusaha Muslimah Indonesia (HIPMI) Kabupaten Gresik ini.

Sementara Echo Sugeng Wahyudi Marcom Manager PT Dharma Graha Utama, pengelola Gressmall dan Aston Inn, menjelaskan jika acara lomba Rias Pengantin Muslim ini bekerja sama dengan HARPI.

“Kami bekerja sama dengan ibu-ibu dari HARPI melati Gresik, Katalia, Perkumpulan ahli perias pengantin Pantura (Papera ), dan Srikandi Ayu, mengadakan lomba tata rias pengantin muslim tahun 2022, karena Gresik tanah wali. Gresik punya gaun pengantin/busana asli Gresik yaitu Giri kedaton dibawakan oleh HARPI Melati” jelas Echo.

Sementara Erick Pramono selaku General Manager Gressmall mengatakan, pihaknya akan membuat event-event yang bertemakan anak muda.

“Kami ingin lebih dekat dengan anak muda, dan berbagai komunitas, untuk mengisi event yang menarik, sehingga kami bisa menghibur para pengunjung Gressmall,”  terang Erick pria asal Medan yang sudah lama menetap di Jawa ini. (Didik Hendri Telisik Hati)

Share :

Baca Juga

Nasional

Petrokimia Gresik Teken MoU Pembelian Gas Dengan Kangean Energy Indonesia Untuk Pabrik Amoniak-Urea

Nasional

Putri Banyu Biru Lowayu Tampil Memukau di Ajang Bergengsi Gelaran PetroNite Fest 2022, Luar Biasa…!!! 

Nasional

Stadion Gelora Joko Samudro Bersimbah Haru dan Air Mata Saat Ratusan Suporter Ultras Gresik Gelar Doa Bersama Atas Tragedi Kanjuruhan: Jangan Sampai Terulang Lagi di Republik Ini…!!!

Nasional

Wabup Bu Min Salurkan Bantuan untuk Mbah Jaun dan Mbah Amanah, Dua Lansia yang Sakit Lumpuh juga Alami Gangguan Jiwa

Nasional

Menelisik Balai Rukyat Condrodipo Gresik: Seringkali Hilal Dapat Disaksikan dengan Jelas dari Puncak Bukit ini…!!! 

Nasional

RENUNGAN SUCI HUT KEMERDEKAAN RI DI TENGAH PANDEMI BERLANGSUNG KHIDMAT DAN TETAP PATUHI PROKES

Nasional

Tak Banyak yang Tahu! Kedatangan Wapres RI KH Ma’ruf Amin Lewat Jalur Udara Kemarin Ternyata Mendarat di Helipad Ponpes Modern Sunanul Muhtadin Sidayu Milik Gus Jazilul Fawaid

Nasional

KWG-DPRD Gresik Nilai Pentingnya Pembangunan Infrastruktur Untuk Kemajuan Gresik