Home / Nasional / Nasional

Kamis, 30 Juni 2022 - 09:52 WIB

Gelar Reses Dewan, Wakil Rakyat Termuda Gresik ini Dicurhati Emak-emak Maraknya Bank Titil: Meresahkan Warga Desa…!!! 

DISAMBATI EMAK-EMAK: Anggota Dewan termuda Gresik dicurhati Emak-emak terkait maraknya bank titil. (Telisik Hati) 

 

BUMINUSANTARANEWS.COM – Anggota Komisi II DPRD Gresik, M Syahrul Munir mendapat curhatan warga soal maraknya bank titil. Curhatan tersebut disampaikan kalangan emak-emak dalam penyerapan aspirasi pada reses dewan di Daerah Pemilihan (Dapil) VIII (Manyar, Bungah, Sidayu), Rabu (29/06).

Menurut mereka, maraknya peredaran praktik rentenir atau bank titil terutama di desa-desa sangat meresahkan. Tidak sedikit warga yang sudah menjadi korban lintah darat itu hingga terjerat bunga yang berlipat ganda.

Kepala Desa Masangan, Suyanto mengatakan, banyak warga di desanya yang sudah menjadi korban terlilit hutang rentenir atau bank titil. Dia pun geram dan meminta dewan untuk segera mencari solusi terbaik.

“Banyak sekali warga di desa kami terlilit hutang bank titil ini, bahkan sampai mengeluh ke pemerintah desa karena sikap petugas penagihan yang sangat meresahkan, karena itu kami meminta support dewan, seperti apa solusinya agar permasalahan ini segera terselesaikan,” ucapnya.

Sebenarnya, lanjut Suyanto, pihak desa sudah berulang kali mengingatkan warga untuk tidak berhutang kepada rentenir atau bank titil berkedok koperasi. Namun upaya tersebut nampaknya belum sepenuhnya berhasil.

Karena itu, Suyanto mengusulkan kepada dewan untuk mensupport anggaran yang bisa dipakai modal usaha warga dengan persyaratan yang tidak terlalu rumit.

“Kami mengusulkan untuk mengatasi banyaknya warga yang hutang di bank titil dengan cara disupport anggaran dengan persyaratan tertentu yang lebih mudah,” pintanya.

Menanggapi hal itu, Syahrul Munir menyatakan, semua keluh kesah dan aspirasi warga dalam reses selanjutnya dibahas dalam agenda kedewanaan.

“Meski ada beberapa yang bukan bidang komisi saya, nanti akan kami sampaikan ke komisi terkait agar ditindaklanjuti,” tegasnya.

Politisi asal Fraksi PKB itu menerangkan, reses ini sangat penting. Contohnya, saat para nelayan Mengare mengeluhkan kesulitan mendapatkan bahan bakar solar. Keluhan itu kemudian dibahas di Komisi II dan mewacanakan pembangunan SPBU Nelayan.

Lebih jauh, Syahrul menyatakan pemerintah daerah langsung setuju. Bahkan, sudah rencana itu diamini oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. SPBUN rencananya dibangun di 4 titik.

“Saya berharap masyarakat bisa menyampaikan aspirasi yang dipandang perlu dan penting untuk diwujudkan demi kepentingan bersama, karena kebutuhan masyarakat nantinya akan menjadi sebuah kebijakan,” tuturnya.

Terkait banyaknya rentenir yang menawarkan utang, Syahrul meminta agar diberantas bersama. Saat ini, Bank Gresik memiliki program pinjaman lunak kepada masyarakat.

“Jadi nanti bisa diarahkan kesana, kebetulan di Bungah ini sudah ada cabangnya,” tutupnya menanggapi wadulan warga.

Syahrul memberitahukan bahwa dirinya sudah bertemu dengan jajaran Direktur PT Gresik Migas dan Pemerintah Desa se-Mengare membahas tentang rencana pembangunan SPBN di tiga titik yakni di Desa Randuboto Kecamatan Sidayu, Desa Campurejo Kecamatan Panceng, dan Desa Karangrejo Kecamatan Sembayat.

“Saya berharap masyarakat bisa menyampaikan aspirasi yang dipandang perlu dan penting untuk diwujudkan demi kepentingan bersama, karena kebutuhan masyarakat nantinya akan menjadi sebuah kebijakan,” ujar Syahrul.

Adapun beberapa aspirasi yang disampaikan, diantaranya dari Relawan CS Perempuan mengatakan kurangnya penerangan di Jalan Raya arah Bungah kalau malam terlalu gelap karena pohon pinggir jalan yang besar dan lebat, sekaligus merisaukan karena ibu-ibu sekarang banyak yang hutang online.

Selain itu, Kepala Desa Masangan, Suyanto mengusulkan meminta support dana dari Syahrul untuk mengatasi banyaknya warga desanya yang hutang di bank titil, dengan cara dipinjamkan ke warga namun dengan persyaratan tertentu, entah dengan jaminan BPKB atau sebagainya.

Dengan adanya usulan itu, Syahrul mengatakan akan langsung menindaklanjuti usulan tersebut. Meskipun untuk yang penerangan jalan itu jalan provinsi.

“Iya, akan saya tindaklanjuti. Meskipun terkait jalan itu sebenarnya merupakan jalan provinsi, nanti akan kita usulkan ke Pemerintah,” katanya. (Didik Hendri Telisik Hati)

Share :

Baca Juga

Nasional

Luar Biasa! SMGR Terpilih Sebagai Outstanding Company 2021 Sektor Materials dari Asiamoney

Nasional

Pastikan Kelancaran arus Balik, Kapolres Gresik Cek Langsung Jalur Wilayah Selatan, Mantap Komandan…!!! 

Nasional

MWC NU Gresik Gelar Lailatul Ijtima’, Ketua PCNU KH Mulyadi: Penguatan Konektivitas Bisa Diwujudkan dengan Pondasi Perubahan

Nasional

MI Alkarimi Tebuwung Dukun Sukses Tuntaskan Program Tasmi’ Guna Menunjang Risalah Dakwah Lewat Digital

Nasional

KAPOLRES GRESIK AJAK PARA PENGENDARA KIBARKAN BENDERA MERAH PUTIH SEBAGAI SIMBOL OPTIMISME LAWAN COVID-19

Nasional

Baru-Baru Ini, 6 Srikandi Pemkab Gresik Turun ke Setigi di Malam Ramadan nan Suci

Nasional

Wakil Ketua DPRD Gresik Mujid Riduan Dukung Penuh Launching Kampung Tauge dan Lontong, Eduwisata Desa Berdaya Desa Hulaan Menganti

Nasional

Tak Canggung Sedikit pun, Kapolres Gresik Pegang Sapu Bersihkan Taman Makam Pahlawan