Home / Nasional / Nasional

Sabtu, 2 Juli 2022 - 08:52 WIB

Dihadiri Gus Yani dan Tenaga Ahli Bupati Faiz Abdalla, Camat Panceng Ter-New Tancap Gas Lantik Pengurus Karang Taruna di Edu Wisata Telaga Rena Doudo

TANCAP GAS: Bupati Gus Yani saat hadiri Pelantikan Pengurus Karang Taruna Kecamatan Panceng. (Telisik Hati)

 

BUMINUSANTARANEWS.COM – Karang Taruna (Kartar) sebagai organisasi yang bergerak pada kepemudaan, memiliki peran dan posisi strategis guna kemajuan bangsa. Hari ini Sabtu (2/7/2022) Kartar Kecamatan Panceng menunjukan existensinya melalui sistem periodesasi yang ditandai dengan Pelantikan Pengurus periode 2022-2027 di Edu Wisata Telaga Rena Desa Doudo Kecamatan Panceng.

Selain itu, Karang Taruna Panceng juga menunjukan posisinya yang memiliki potensi dan orientasi menatap masa depan yang lebih baik, melalui serangkaian kegiatan yang dijadikan satu momen saat pelantikan yakni “Talkshow Kepemudaan dan Expo UMKM” dengan penekanan pada prinsip “Membangun Pemuda, Membangun Bangsa” yang diisi Narasumber dari Dinas Sosial Kabupaten Gresik, serta tenaga ahli Bupati Gresik Faiz Abdalla.

Bupati Gresik, H. Fandi Akhmad Yani, SE yang hadir dalam acara tersebut mengapresiasi inovasi karang taruna Kecamatan Panceng dalam membangkitkan ekonomi melalui hasil produk UMKM yang telah dikembangkan serta mendorong untuk ditularkan kepada karang taruna yang lain.

“Ini harus ditularkan kepada pengurus karang taruna kecamatan yang lain di Kabupaten Gresik,” kata Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik.

Bupati milenial ini juga mengungkapkan, Perbaikan ekonomi menjadi variabel penting dalam pengelolaan anggaran desa dimana dalam pengentasan kemiskinan, kesejahteraan, sosial dan kesehatan masyarakat yang berkelanjutan.

Untuk itu, Buku panduan SDGs harus terintegrasi dengan program Nawa Karsa yang disusun Pemerintah Kabupaten sebagai RPJMD. Yang mana program tersebut kita sinkronkan dengan program Nawa Bakti Satya Provinsi Jawa Timur dan Nawa Cita program pemerintah pusat,” tuturnya.

Mantan ketua DPRD Gresik tersebut juga mendorong peran karang taruna untuk ikut berkontribusi dan mengawal dalam program yang ada di desa maupun daerah.

Di samping itu, untuk menuju PKH inklusif Bupati Gus Yani mendorong Dinas Sosial dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk melakukan pendataan anak berkebutuhan khusus dengan menerbitkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Pemerintah terus upayakan capai cakupan kesehatan semesta atau Universal health Coverage (UHC). Cakupan kesehatan semesta menjamin seluruh masyarakat mempunyai akses untuk kebutuhan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas dan efektif.

Lebih jauh dikatakan Gus Yani, Posyandu harus benar benar digerakkan terintegrasi dan masif serta harus cerdas melihat peluang lingkungan dalam rangka untuk peningkatan kualitas gizi pada anak untuk menekan angka stunting di Kabupaten Gresik.

“Tidak hanya itu, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) juga menjadi perhatian. Menurut Gus Yani, kondisi anak generasi XYZ lebih cenderung ke gadget di era digitalisasi saat ini maka langkah mitigasi pendidikan anak usia dini harus kita siapkan,” tegasnya.

Sustainable Development Goals (SDGs) juga mencakup lengkungan. Dengan demikian, Kecamatan Panceng juga harus bisa menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat dengan cara memilah dan memilih sampah yang menjadi isu strategis. “Persoalan sampah harus dimulai dari tingkat desa untuk menuju Kabupaten Zero Waste.

Di akhir sambutan tak lupa Gus Yani mengajak karang taruna dan kepala desa untuk bergerak bersama memberdayakan masyarakat dengan memberi ruang UMKM dan Ekonomi Kreatif.

“Kita berdayakan masyarakat melalui 3B Bela Beli Bagi produk UMKM sebagai pemberdayaan untuk masyarakat di sekeliling kita,” tutup Gus Yani.

Sementara itu, Ketua karang taruna Panceng yang baru dilantik A.M Mukhlis Indrawan memyampaikan beberapa kegiatan masyarakat yang sudah dilakukan oleh karang taruna Panceng diantaranya, santunan anak yatim di Desa Wotan, bersih-bersih pantai Dalegan, bagi-bagi bibit tanaman di sebagian desa di Kecamatan Panceng dengan bekerja sama bersama DLH, menuju kampung zero waste yang kemarin dilaksanakan desa Prupuh.

Selain itu, Karang Taruna Panceng juga mengadakan program belajar mengajar (Joyfull Learning) yang dimulai dari SD Negeri 313 Larangan Dalegan bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, membuat Klinik UMKM yang dilaksanakan di desa Surowiti bersama Diskoperindag.

“Terakhir adalah bentuk dukungan kami terhadap sektor-sektor yang berpotensi menjadi objek wisata komersil di Panceng, kita membuat video blog untuk membantu mempromosikan melalui media digital yang akan terus kita kembangkan di wilayah yang lain,” ungkap Mukhlis.

Pemuda harus peka melihat keadaan sosial di lingkungannya masing-masing,
sehingga, tidak akan menjadi alasan bagi kita, untuk berhenti bergerak, berhenti kegiatan, berhenti menjalankan tugas dan fungsinya.

“Kami berkomitmen untuk tetap memberikan yang terbaik, yang kami bisa. Semoga kami Karang Taruna bisa bersinergi, untuk membawa nama Panceng semakin lebih baik,” tandasnya.

Adapun prosesi pelantikan yang dilakukan Camat Panceng Ahmad Nasikh dengan pembacaan SK oleh Sekcam Panceng Yono tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Gresik Faqih Usman dan Ahmad Fauzi, Kepala Dinas Sosial dr. Umi Khoiroh, Forkopimcam Panceng, Kepala KUA Panceng, Ketua AKD Panceng H. Muhammad Son Haji, Ketua MWC NU Panceng, Ketua PAC Muhammadiyah Panceng, Unsur organisasi, 21 Pemuda Pemudi pengurus Karang Taruna Panceng yang dilantik dan undangan lainnya. (dvd/telisik hati)

Share :

Baca Juga

Nasional

Ahmad Zidani Allamah Lubaid, Santri Hafidh ke 25 Pondok Pesantren Refah Islami, Hadiah Ulang Tahun Terindah Buat Ibunda, Subhanallah…!!! 

Nasional

Wedus Menikah dengan Manusia Terus Menjadi Topik Utama, Mulai Bupati hingga Warga Biasa Angkat Bicara! Ada Apa dengan Gresik Kita Tercinta? 

Nasional

Tak Hanya di Gresik, SIG juga Serahkan Bantuan Senilai Rp 1,36 Miliar untuk Pembangunan Sarana Pendidikan, Sarana umum dan  Sarana Ibadah di Kabupaten Situbondo dan Bondowoso

Nasional

Subhanallah, Camat Benjeng Bersama Para Kiai dan Imam Khususi Jamaah At-Thoriqoh Qodiriyah Wannaqsabandinyah Al Usmaniyah Lakukan Peletakan Batu Pertama Masjid Zawiyah Umdatussalikin

Nasional

Empat Santri Kiai Mulyadi Ponpes Darul Ihsan Menganti Raih Medali Emas di Ajang Kompetisi Sains Siswa Nasional

Nasional

Pertahankan Tradisi Ratusan Tahun Lalu, Wabup Ning Min Hadiri Sedekah Bumi Desa Pacuh Balongpanggang

Nasional

Pertama di Asia Tenggara! SIG Miliki Fasilitas Pemusnahan Bahan Perusak Ozon (BPO) di Momen Peringatan Hari Ozon 2022, Luar Biasa…!!!

Nasional

Bersama Kadispendik, Wabup Ning Min Apresiasi Program Ayo Sinau Bareng dan Dukung SMPN 2 Gresik sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional