Home / Nasional / Nasional

Senin, 25 Juli 2022 - 13:00 WIB

Pak Bupati, Saya Sudah Lulus Paket C dan Ingin Kuliah, Gus Yani: Ngadep ke Saya, Tak Kuliahno…!!!

BANTU ANAK PUTUS SEKOLAH: Bupati Gus Yani saat melaunching Program Inovatif “JAKETKU” (Kejar Paket Tuntaskan Putus Sekolah). (Telisik Hati)

Bupati Gus Yani saat melaunching Program Inovatif “JAKETKU” (Kejar Paket Tuntaskan Putus Sekolah).

BUMINUSANTARANEWS.COM – Orang Nomor Satu di Gresik, Bupati H Fandi Akhmad Yani, yang akrab disapa Gus Yani menandaskan, jangan pesimis, jangan malu, kita dituntut untuk terus belajar. Jangan berkecil hati meski hanya berijazah Kejar Paket C (setara SMA), karena ternyata ada yang lulusan Paket C bisa menjadi Bupati. Bahkan banyak juga yang menjadi anggota DPRD.
“Saya juga mendaftarkan diri melanjutkan sekolah. Nanti, setelah lulus Kejar Paket C, terus kepingin kuliah ngadep ke saya. Pak Bupati, Saya sudah lulus Paket C dan ingin kuliah, Ngadep ke saya, tak kuliahno,” ujar Bupati Milenial Gus Yani yang disambut tepuk tangan meriah dari seluruh hadirin.
Pernyataan tersebut disampaikan Bupati  Gresik H. Fandi Akhmad Yani  saat melaunching Program “JAKETKU” (Kejar Paket Tuntaskan Putus Sekolah) di Aula SKB Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik pada hari Senin, 25 Juli 2022 yang dihadiri oleh Komisi IV DPRD Gresik H. Muhammad, beberapa Kepala Dinas, Camat, TNI, Polri, Kepala Desa, TP PKK serta Praktisi Pendidikan (Kepala sekolah) dan undangan lainnya.
Gus Yani menekankan bahwa siapa saja yang mengikuti program ini (Paket C) saat lulus dan ingin melanjutkan pendidikan pada jenjang berikutnya (Kuliah) maka Ia siap membantu pembiayaanya. “Silakan Menghadap saya,” ucapnya.
Selain itu Gus Yani juga memberi motifasi kepada semua peserta didik program JAKETKU ini, baik paket A, Paket B dan Paket C jangan berkecil hati dan harus berani memulainya, sebab tidak sedikit orang yang berijazah paket C, mendapat kesempatan yang bisa di banggakan, bahkan ada yang jadi Bupati, DPRD, dan lain sebagainya.
Ia Juga memberi gambaran bahwa keberhasilan suatu daerah tidak hanya bisa diukur secara fisik saja, namun harus dilihat dari sisi atau variabel lainnya termasuk sektor  pendidikan. Sebab dengan pendidikan mampu mempengaruhi pola pikir dan tindakan lantaran bertambahnya ilmu dan pengetahuan masing masing individu (Upgrade diri dalam pemikiran).
Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad Yani atau akrab disapa Neng Nurul ini, dalam sambutanya menyampaikan bahwa saat ini terdapat 3 paket, yakni Paket A untuk kesetaraan tingkat SD, Paket B untuk kesetaraan tingkat SMP dan Paket C untuk kesetaraan tingkat SMA. Data yang ada, terdapat 1.892 anak-anak Gresik yang terputus sekolahnya dan akan menjadi sasaran awal program JAKETKU. Dari total data tersebut, terdiri dari 8 anak yang terputus di tingkat pendidikan SD, 431 anak di tingkat SMP, dan 1.093 di tingkat SMA.
Neng Nurul juga menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindaklanjut setelah melakukan pendataan dan pengolahan data dan hasilnya di sampaikan pada dinas terkait guna bisa memfasilitasi bagaimana orang yang putus sekolah bisa mendapatkan kesempatan sesuai jenjang yang dibutuhkan.
Dan ini menjadi tugas kita bersama, baik perencanaan, teknis pelaksanaan dan sebagainya,’ tandas Istri Bupati Gresik ini.
Neng Nurul berharap agar semua bisa bersinergi dan berkolaborasi. “Semoga bisa mengantarkan suksesnya program JAKETKU ini,” pungkasnya sembari menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas terlaksananya ini semua.
Kegiatan Launching Program “JAKETKU” (Kejar Paket Tuntaskan Putus Sekolah) yang diselenggarakan oleh TP PKK Kabupaten Gresik bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik ini mengambil tema “Jaketku Meretas Ketertinggalan, menuju insan berilmu, berdaya dan sejahtera” dan diawali sambutan oleh Kepala Dinas Pendidikan S.Hariyanto, S.Pd., MM.
Usai acara, Bupati Gus Yani bersama Neng Nurul langsung membaur di gebyar hari anak nasional yang diadakan di halaman kantor SKB. Dalam kegiatan tersebut, ditampilkan berbagai pertunjukan seni dari anak-anak Gresik, serta berbagai booth UMKM dari berbagai kecamatan. Tidak bosan-bosannya mereka berdua melayani permintaan foto selfie dari anak-anak dan pemilik booth UMKM. (mhr/wlo/telisik hati)

Share :

Baca Juga

Nasional

Luar Biasa! Petrokimia Gresik Tanggap Bencana Peduli Kemanusiaan Salurkan Bantuan Sembako dan Obat-obatan senilai Rp 100 Juta untuk Korban Gempa Cianjur, Barokallah…!!!

Nasional

Wakil Ketua Dewan Mujid Riduan Semangati Ibu-ibu Maju Bersama Kembangkan Kopwan

Nasional

Kabar Panceng Joosss! Gelar Bazar Ramadan Bangkitkan Keterpurukan Ekonomi Masyarakat Akibat Pandemi Penulis: Didik Hendri Telisik Hati

Nasional

Polsek Duduksampeyan Polres Gresik Gelar Ops Bina Kusuma Basmi Premanisme, Kejahatan Jalanan, Judi, Miras dan Balap Liar

Nasional

Aksi Nyata, 3 Anggota DPRD Gresik Turun Langsung ke UPT SD Negeri 98 Bulurejo Benjeng Tindaklanjuti Program Satuan Pendidikan Aman Bencana…!!!

Nasional

BUMDes Sekapuk Luncurkan Program ‘Pelayanan Satu Menit’ Tuntas…!!!  Penulis: Didik Hendri Telisik Hati

Nasional

HUT TNI ke-77, Kodim 0817/Gresik Gelar Ziarah Nasional dan Tabur Bunga ke Taman Makam Pahlawan

Nasional

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto Pimpin Sertijab Pejabat Utama dan Kapolsek Jajaran! Penanganan Covid Masih Menjadi Prioritas Utama…!!!