Home / Nasional / Nasional

Rabu, 27 Juli 2022 - 13:34 WIB

Kue pembangunan JIIPE Belum Sepenuhnya Dinikmati oleh Sebagian Besar Masyarakat, Syahrul Munir: Gresik Masih Dapat Ampasnya Saja…!!!

JIIPE OH JIIPE: Ketua Fraksi PKB Gresik M Syahrul Munir getol soroti JIIPE demi memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Gresik. (Telisik Hati)

 

BUMINUSANTARANEWS.COM – Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) adalah kawasan terintegrasi pertama di Indonesia, dengan total area 3.000 hektar, yang terdiri dari kawasan industri, pelabuhan umum multifungsi,dan hunian berkonsep kota mandiri. Berlokasi di Gresik, provinsi Jawa Timur, JIIPE menjadi kawasan percontohan bagi pengembangan industri di Indonesia.

Anggota DPRD Gresik Termuda H. Muhammad Syahrul Munir, S.S, M.Hum, CRBC pun sat set wat wet bergerak cepat menangkap peluang tersebut demi untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Gresik.

Menurut Ketua Fraksi PKB Gresik ini, JIIPE sebagai Kawasan Ekonomi Khusus di Kabupaten Gresik, berdasarkan data pendapatan daerah, JIIPE ini belum berkontribusi optimal untuk pembangunan daerah. Pajaknya belum masuk optimal, apalagi soal ketenagakerjaannya yang sampai saat ini masih dinanti oleh masyarakat Gresik.

“Kue pembangunan JIIPE belum sepenuhnya dinikmati oleh sebagian besar masyarakat, sementara ini masih dapat ampasnya saja. Jalan rusak, kerusakan satu wilayah sebagai konsekuensi pengurukan, banjir, dan polusi adalah yang paling kita rasakan akhir-akhir ini,” kritik wakil rakyat yang dikenal vokal dan kritis demi memperjuangkan aspirasi masyarakat ini.

Lebih lanjut Ketua Pansus 1 DPRD Gresik menegaskan, memang sangat dilema, karena JIIPE diharapkan menyerap banyak tenaga kerja, namun dinamikanya adalah UMR Gresik yang sangat tinggi, sehingga investasi yang masuk cenderung berupa padat modal bukan padat karya.

“Melirik di perusahaan sebelahnya, tentu kita patut bersyukur dengan adanya Mie Sedaap yang menyerap puluhan ribu tenaga kerja dan UMR nya pun sesuai,” sindirnya.

Tentu tantangannya adalah mengkonversi potensi kawasan ekonomi khusus menjadi pendapatan daerah sekaligus membantu mengatasi problem pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Gresik.

“PR besar untuk Kawasan Khusus sebesar JIIPE,” pungkas Putra Daerah Kelahiran Manyar Gresik ini, Rabu (27/7/2022). (Telisik Hati)

#gresik #jiipe #dprd

Share :

Baca Juga

Nasional

Srikandi DPRD Gresik Hj Nur Saidah Kagumi  Sedekah Bumi Dusun Banjarsari Cerme: Lestarikan Budaya, Guyub Rukun Bangun Kebersamaan, Luar Biasa…!!! 

Nasional

Jelang Nataru, Kapolres Gresik Tinjau Pelabuhan dan Terminal Bunder

Nasional

HARUMKAN KOTA SANTRI GRESIK, PUTRI PENDIRI RGS SABET *BEST PRESENTER* DI KONFERENSI INTERNASIONAL 

Nasional

Momen HUT ke-71 Polairud, Kapolres Gresik Bakar Jaring Trawl

Nasional

Peduli Pendidikan di Tengah Pandemi, SIG Salurkan Bantuan 30 Laptop dan Pembangunan Sarana Ibadah Senilai Rp 400 Juta

Nasional

Kapolres Gresik Berbagi Kebahagiaan Salurkan Bantuan untuk Anak-anak Korban Letusan Gunung Semeru

Nasional

Tunda Kehamilan di Masa Pandemi, Bu Min Wabup bersama Ketua TP PKK Gresik Bagi-Bagi Alat Kontrasepsi

Nasional

Dari 15.000 Muslimat NU, Ada Wabup Gresik Turut Bersholawat Peringati Maulid Nabi Bareng Gubernur Jatim dan Para Kiai sekaligus Pecahkan Rekor MURI…!!!