Home / Birokrasi

Senin, 1 Agustus 2022 - 17:04 WIB

Terobosan Baru Pemkab Gresik Hadirkan Aplikasi Silopinter, Bupati Gus Yani: Permudah Masyarakat dalam Pengurusan Administrasi Pertanahan

PERMUDAH MASYARAKAT: Bupati Gus Yani saat meluncurkan Aplikasi Silopinter (sistem informasi layanan online pajak terintegrasi). (Telisik Hati)

 

BUMINUSANTARANEWS.COM – Dalam hal pengurusan administrasi pertanahan terdapat hal hal yang perlu dicukupi antara lain BPHTB, AJB, sertifikat untuk kemudian PBB wajib disesuaikan dengan sertifikat yang diterbitkan.

Akan tetapi fakta yang ada ketika masyarakat melakukan pembayaran BPHTB, PBB, tidak otomatis berubah data menjadi wajib pajak yang sama, sehingga masyarakat harus mengajukan dua kali. hal tersebut akan memperpanjang proses pelayanan yang menjadi  permohonan masyarakat.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Gresik membuat terobosan baru dengan membangun sebuah aplikasi digital. Aplikasi tersebut dinamakan SILOPINTER (sistem informasi layanan online pajak terintegrasi).

Aplikasi Silopinter ini hadir dan diharapkan akan menyelesaikan permasalahan tersebut. Dimana sistem aplikasi BPHTB disandingkan dengan sistem aplikasi PBB. Sehingga, secara otomatis setelah pengurusan BPHTB, data SPPT PBB akan berubah menyesuaikan nama dalam pengajuan BPHTB. pada akhirnya sertifikat dan SPPT PBB dapat sesuai dengan pemohonnya.

Secara langsung, aplikasi digital tersebut diluncurkan dan diresmikan oleh Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani hari ini, Senin (01/08/2022) dengan disaksikan oleh para notaris yang dihadirkan dalam kesempatan tersebut.

Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja sama dan partisipasi dari ikatan pejabat pembuat akta tanah (PPAT)  kabupaten gresik yang telah memberikan sumbangsih terbaiknya untuk menghadirkan percepatan pembangunan menuju Gresik baru.

“Saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Gresik menyampaikan terima kasih atas kerjasama dan sinergitas serta sumbangsih PPAT dan Pemerintah Kabupaten Gresik selama ini,” kata Gus Yani.

Melalui aplikasi Silopinter itu, besar harapan bagi Gus Yani, akan memberikan kemudahan bagi masyarakat kabupaten Gresik pada umumnya dan PPAT pada khususnya. “Saya harap apilkasi ini segera disosialisasikan dan diterapkan dengan sungguh-sungguh demi percepatan dan kemudahan akses pelayanan pengurusan pajak  daerah kepada masyarakat serta akselerasi pendapatan asli daerah Kabupaten Gresik,” harapnya. (Didik Hendri Telisik Hati)

Share :

Baca Juga

Birokrasi

HADIRI HALAQOH ULAMA DAN UMARA, BUPATI GRESIK GUS YANI: AGAR GRESIK KONDUSIF, PEMERINTAH DAN ULAMA HARUS BERSINERGI, BAROKALLAH

Birokrasi

Canangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahun 2022, Bukti Kepedulian yang Luar Biasa Seorang Bupati Gus Yani terhadap Kesehatan Anak-Anak Kota Santri, Barokallah…!!! 

Birokrasi

Bupati Gus Yani Hadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia: 4 Desa dan 6 Sekolah Di Gresik Raih Penghargaan

Birokrasi

WABUP DUKUNG PROGRAM BANGGA KENCANA SEKALIGUS AJAK BERSAMA-SAMA TANGGULANGI STUNTING

Birokrasi

Lantik Kepala Dinas Perikanan, Bupati Gresik Serahkan Kedaulatan Nelayan ke Tangan H Moh Nadlelah, Birokrat Senior yang juga Ulama Kota Santri

Birokrasi

Gaduh Karang Taruna Garap PKH, Ketua P-BPD Gresik: Wes Ojok Ruwet, Kadinsos Mestinya Delegasikan Kewenangan kepada Pemerintah Desa Dijamin Tuntas…!!!

Birokrasi

Hari Kedua Kunker Bawean, Perempuan Tangguh Wabup Ning Min Fasilitasi Kemudahan Perizinan Usaha Mikro Ikhtiar Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi

Birokrasi

Akhir Tahun, Bupati Gus Yani Lantik 9 Pejabat Eselon II, Tunggu Bakal Ada Mutasi Lebih Besar Lagi…!!!