Home / Nasional / Nasional

Minggu, 7 Agustus 2022 - 16:38 WIB

Dengan Penuh Semangat, Mahasiswa UNIGRES Kelompok 014 KKN Sampaikan Pentingnya Legalitas Usaha Bagi UMKM Desa Sekarkurung Kebomas

PENGABDIAN: Pentingnya Legalitas Usaha Bagi UMKM, UNIGRES Kelompok 014 KKN Gelar Sosialisasi NIB dan P.-IRT. (Telisik Hati)

 

BUMINUSANTARANEWS.COM – Bertempat di Balai Desa Sekarkurung Kecamatan Kebomas Kabupaten, Mahasiswa Universitas Gresik (UNIGRES) Kelompok 014 KKN, telah melaksanakan sosialisasi tentang pentingnya legalitas Usaha Bagi UMKM sebagai tambahan pengetahuan untuk masyarakat Desa Sekarkurung Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik, Rabu (3/8/2022).

Dalam pelaksanaan tersebut menghadirkan narasumber Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Eny Setyowati, hadir pula Dosen Pembimbing Lapangan, Kepala Desa (Kades) Subkhan, Perangkat Desa, Ketua BPD, Dosen Pembimbing Lapangan, Ketua RW dan RT, Serta Pelaku UMKM Desa Sekarkurung.

Sementara itu Kades Subkhan dalam sambutannya menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini pihaknya berharap kepada warga desa yang hadir dapat mengikuti acara ini hingga selesai guna bisa memahami pentingnya legalitas usaha bagi UMKM.

“Acara ini dilaksanakan oleh mahasiswa yang saat ini sedang melakukan pengabdian di Desa Sekarkurung,” ujarnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Eny Setyowati dalam paparannya menuturkan, dengan fokus pembahasan mengenai Pentingnya Perizinan Untuk Pengembangan Produk UMKM, yakni Nomor Induk Berusaha dan Produk Industri Rumah Tangga (NIB dan P.-IRT).

“Kami berharap nantinya semua pelaku usaha memiliki legalitas untuk mengembangkan usahanya dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Kabupaten Gresik saat pemulihan ekonomi,” jelasnya.

Muhammad Irwan Kurniawan selaku Ketua Penyelenggara mengucapkan rasa terima kasih atas antusias warga desa serta permohonan maaf atas segala kekurangan dalam penyelenggaraan acara tersebut.

Lebih jauh Muhammad Irwan Kurniawan menuturkan, tindak lanjut dari kegiatan ini yaitu membantu warga desa dalam membuat Perijinan NIB dan pendampingan untuk pengembangan usaha.

Dengan diadakan acara sosialisasi UMKM diharapkan dapat memberikan manfaat dan membantu warga desa dalam mengembangkan usahanya dan meningkatkan penghasilan warga desanya.

“Guna membatu pengurusan NIB, Mahasiswa KKN Universitas Gresik siap Membuat Posko,” tambahnya. (Dyo/Telisik Hati)

Share :

Baca Juga

Nasional

Ponpes Alkarimi Tebuwung Dukun Dapat Bantuan Sapi Kurban dari Kapolri, Barokallah…!!! 

Nasional

Jaring Bibit Pemain Sepak Bola, Turnamen Bupati Cup 2021 Resmi Digelar

Nasional

Lakmud Perdana PAC IPNU IPPNU Ujungpangkah Cetak Pelajar NU yang Adaptif, Akseleratif dan Berintegritas

Nasional

Ikapete Zona Utara Gelar Giat Harlah NU ke-96 dengan Ziarah ke Makam Mbah Faqih Maskumambang

Nasional

@BuMinOfficial: BU MIN UCAPKAN HARI JADI POLWAN KE 73! JADILAH SRIKANDI-SRIKANDI POLRI YANG SENANTIASA MELINDUNGI & MENGAYOMI MASYARAKAT

Nasional

Di Tengah Gebyar Semarak HUT PKK ke-50, Bupati Gus Yani Minta agar Stunting Menjadi Prioritas Penanganan

Nasional

Resahkan Warga, Kades Sekapuk Ki Begawan Setigi Abdul Halim Perintahkan Sikat Rentenir Tanpa Ampun…!!! 

Nasional

Demi Sebuah Tanggung Jawab Besar, Petrokimia Gresik Terus Tingkatkan Pengawasan Distribusi Pupuk Bersubsidi