Home / Pendidikan

Jumat, 2 September 2022 - 18:46 WIB

Ukir Prestasi Berjamaah, 17 Siswa MAN 2 Gresik Raih Medali Emas, Perak, hingga Perunggu di Berbagai Kompetisi Tingkat Nasional Maupun Internasional 

Penulis: Didik Hendri Telisik Hati

BN News.com – Prestasi demi prestasi seakan tak berhenti mengalir persembahan terbaik dari siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Gresik. Betapa tidak, dalam kurun waktu satu bulan saja, sebanyak 17 siswa berhasil mengukir prestasi meraih Medali Emas, Perak, hingga Perunggu dalam berbagai Kompetisi tingkat Nasional maupun Internasional yang diikuti oleh ratusan peserta.

Medali pertama dipersembahkan oleh Safira Anggraini di ajang bergengsi  “National Zeta Competition” yang diselenggarakan oleh Zeta Institut. Kompetisi ini dibuat untuk mendorong siswa/i tetap berupaya melakukan usaha pendidikan di tengah pandemi Covid-19, sehingga tetap dapat belajar dan berprestasi. Dengan adanya kompetisi berbasis online ini.

Safira berhasil unggul dari ratusan peserta lain dalam perlombaan ini. “Sejumlah 200 peserta mengikuti lomba tersebut. Persaingannya ketat dan level soal bervariasi. Alhamdulillah saya dapat meraih empat penghargaan sekaligus,” ungkap Safira.

Safira mengucapkan terima kasih kepada pihak MAN 2 Gresik dan guru pembimbing olimpiade yang senantiasa memberikan kesempatan dan dukungan penuh kepada para siswa dalam mengikuti berbagai event lomba.

Alhamdulillah saya dapat berhasil meraih dua medali, yakni Perak dan Perunggu. Terima kasih kepada guru pembimbing serta pihak sekolah yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti berbagai event lomba,” ucapnya.

Selanjutnya Revalina Putri Ramadania, siswi Kelas XI IPA 2 MAN 2 Gresik meraih prestasi gemilang di bidang akademik dalam “Indonesia Science Olympiad” yang diselenggarakan oleh Osain.id pada tanggal 21 Agustus 2022. Revalina berhasil meraih peringkat 7 mata pelajaran biologi dalam level Provinsi.

Berikutnya, prestasi gemilang kembali ditorehkan empat pelajar asal Madrasah Aliyah Negeri 2 Gresik. Mereka berhasil meraih medali tingkat Nasional pada “Olimpiade Kompetisi PAI Nusantara” yang diselenggerakan oleh Pakar Akademi antar SMA/MA se-Indonesia pada 24 Agustus 2022.

Berikut nama peraih prestasi :

Naila Khurriyatul Friskyah Afsokhah Nabilah, XI Ipa 4 (Medali Emas)

Ayunda Rahma Ainunnisa, XI Ipa 2 (Medali Emas)

Nur Jannah, XI Ips 1 (Medali Perak)

Cindy Dwi Octavia, XI Ipa 3 (Medali Perak)

Wakil Kepala Bidang Kurikulum MAN 2 Gresik Ahmad Saiku mengatakan, keempat muridnya berhasil menyisihkan ratusan peserta dari SMA dan MA lainnya, baik dari Surabaya, Jakarta maupun Luar Jawa.

“Ini menjadi kebanggan kita bersama, terutama warga madrasah karena mampu meraih prestasi tingkat nasional di masa pandemi sekali pun, ” kata Saiku, Jumat (2/9/2022).

Tidak berhenti di situ, di ajang bergengsi lainnya, yakni “Kompetisi Sains Merdeka” yang diselenggarakan Lembaga Sains Indonesia pada tanggal 22 Agustus 2022, dua siswi MAN 2 Gresik juga berhasil menorehkan prestasi gemilang.

“Kami sangat bangga dengan anak-anak. Prestasi ini merupakan anugerah dari Allah atas kerja keras dan ketekunan mereka serta pembinaan yang matang dari para guru pembimbing,” kata Kepala MAN 2 Gresik, Drs. H. Samari, MM.

Materi yang dilombakan meliputi pengetahuan seputar kimia, biologi dan fisika. Kalau pada babak penyisihan dan semi final peserta mengerjakan soal tertulis, pada babak final berupa cerdas cermat yang meliputi pertanyaan wajib dan rebutan.

Berikut daftar peraih prestasi :

Farikhatut Tarwiyah Xi Mipa 2 Medali Perak Tingkat Nasional mata pelajaran Kimia

Revalina Putri Ramadania XI mipa 2 Biologi (harapan 1 tingkat provinsi) dan Fisika (harapan 3 tingkat nasional)

Sudah cukup prestasi siswa MAN 2 Gresik? Belum! Alhamdulillah, Nur Jannah siswi MAN 2 Gresik kembali menorehkan prestasi dalam ajang Kompetisi Sains Merdeka. Kompetisi yang diberi nama Kompetisi Sain Merdeka ini diselenggarakan oleh Lembaga Sains indonesia.

Nur Jannah berhasil unggul dari ratusan peserta lain dalam perlombaan ini. “Sejumlah 100 peserta mengikuti lomba tersebut. Persaingannya ketat dan level soal bervariasi. Alhamdulillah saya dapat meraih medali Emas dan perunggu,” ungkap Nur disela-sela waktu istirahat di madrasah.

Nur mengucapkan terima kasih kepada pihak MAN 2 Gresik dan guru pembimbing olimpiade yang senantiasa memberikan kesempatan dan dukungan penuh kepada para siswa dalam mengikuti berbagai event lomba.

Alhamdulillah saya berhasil meraih dua medali. Terima kasih kepada guru pembimbing serta pihak sekolah yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti berbagai event lomba ,” katanya penuh syukur.

Capaian prestasi pun terus menggelinding dengan adanya kabar gembira dua siswi MAN 2 Gresik kembali meraih prestasi membanggakan dalam kompetisi tingkat Nasional. Mereka berhasil meraih medali dan prestasi lainnya dalam ajang “Biology olympiad” yang diselenggarakan oleh Smart Student pada 20 Agustus 2022.

Kompetisi ini dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh siswa SMA/MA/SMK dari seluruh Indonesia.

Trinaryah, selaku Waka Kesiswaan mengungkapkan rasa bangga dan senang atas hasil yang dicapai anak didiknya tersebut. “Walaupun masih dalam masa pandemi ternyata tidak menyurutkan anak-anak untuk berprestasi,” tandanya.

Trinaryah menambahkan, ia membebaskan siswanya untuk mengikuti lomba yang saat ini banyak dilakukan secara daring. Ia juga membuat grup WA (Bimbingan) untuk mempermudah komunikasi. Melalui grup itu juga Trinaryah biasanya membagikan berbagai informasi lomba.

“Di setiap even lomba yang saya bagikan, saya tidak bertanya siapa yang ingin ikut atau berapa anak yang ikut. Hal ini untuk melatih mereka untuk mandiri dan bisa maju tanpa harus didikte,” imbuhnya.

Dari sistem tersebut, mereka bisa melihat perkembangan siswa, mana yang memang betul-betul serius dalam bimbingan dan begitu juga sebaliknya. Dari situ juga ia bisa menentukan siapa saja yang nantinya akan mewakili MAN 2 Gresik dalam even-even bergengsi seperti KSN dan KSM.

Disusul kabar gembira lagi, kali ini Ayunda Rahma Ainunnisa dan teman-temannya   menunjukkan prestasi gemilang pada National Zeta Competition tingkat SMA/SMK/MA se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Zeta Institut pada 23 Agustus 2022.

Berikut nama pemenang :

Ayunda Rahma Ainunnisa  (Medali Emas)
Famella Pinky Francizzia ( Medali Perak)
Andini Agustina (Medali Perak)
Nur Jannah ( Medali Perak)
Zaskiyah Hani Audiyah ( Medali Perak)
Hidayatin Khoiroh 11 IPS 1 ( Medali Perunggu)
Ananda Eka Pratiwi ( Medali Perunggu)
Nur Aziza (Medali Perunggu)

Dan kabar terbaru, dua Siswa MAN 2 Gresik atas nama Viki Permata Joe (XII IPA 1), meraih juara 2 Speech dan Suci Nadlifatur Rizkiyah (XII IPA 1) meraih juara 2 storytelling dalam JYEC (Java Youth English Competition) 2022 yang diadakan oleh EDSA Universitas PGRI Semarang pada 18 Juli – 26 Agustus 2022 secara offline.

Java Youth English Commpetition atau JYEC merupakan kegiatan lomba Bahasa Inggris antar siswa tingkat SMA dan sederajat yang diselenggarakan oleh EDSA Universitas PGRI Semarang yang sebelumnya lebih dikenal dengan CJEC atau Central Java English Competition. EDSA Universitas PGRI Semarang memperluas jangkauan ke seluruh siswa SMA dan sederajat se-Pulau Jawa, dikarenakan banyaknya minat peserta dari berbagai daerah pada tahun sebelumnya.

Ada empat cabang perlombaan yaitu; Speech Contest, News Snchor, Story Telling, dan Singing Contest. Para peserta yang berasal dari berbagai daerah di pulau Jawa sangat antusias dalam mengikuti acara ini.

Kepala MAN 2 Gresik, Drs. H. Samari, MM, sangat bersyukur atas apa yang sudah ditorehkan oleh 17 siswa-siswinya. “Mudah-mudahan ke depan anak-anak MAN 2 Gresik tak mudah berpuas diri, namun terus terpacu mengukir prestasi, baik tingkat Regional, Nasional, hingga Internasional. Selamat Anak-anakku, prestasi ini tidak hanya membanggakan Keluarga Besar MANA 2 Gresik, namun juga membawa nama harum kota santri Gresik, Barokallah,” pungkas Kasek Samari dengan nada penuh syukur. (Didik Hendri Telisik Hati)

Share :

Baca Juga

Pendidikan

LUAR BIASA! TIM ATLETIK MAN 2 GRESIK RAIH MEDALI EMAS DAN PERAK PADA STUDENT ATHLETIC CHAMPIONSHIP INDONESIA 2022

Pendidikan

Haru! Puluhan Guru Ucapkan Terima Kasih Atas Jasa Guru Senior di Moment Hari Guru Nasional MI Ma’arif NU Nurul Ulum

Pendidikan

Wabup Ning Min Mantan Kepala SMK Assa’adah Bungah Resmi Buka Gelaran Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) bagi Madrasah dan Sekolah Ma’arif NU se-Kabupaten Gresik

Pendidikan

Kadispendik Gresik Berikan Penghormatan Terakhir untuk Siswa Korban Tenggelam di Kali Mireng: Mewakili Bupati dan Wabup Serahkan Santunan Ringankan Beban Keluarga Almarhum

Pendidikan

KKMI Dukun Asah Kinerja dan Horeee Bersama di Villa Cubon Rondo Pujon Malang saat Pisah Sambut Pengawas Madrasah sekaligus Bimtek IKM

Pendidikan

REBUT JUARA UMUM, ELANG EMAS MATSAMAS KEMBALI UKIR PRESTASI DI AJANG GPP XI GIAT PRESTASI PENGGALANG TINGKAT SMP/MTs SE JAWA TIMUR, LUAR BIASA…!!!

Pendidikan

Siswa MA Alkarimi Suguhkan Gelaran Drama Kolosal Perjuangan mempertahankan kemerdekaan NKRI Peringati Bulan Bahasa dan Hari Pahlawan

Pendidikan

PUNDI-PUNDI MEDALI MAN 1 GRESIK TERUS BERTAMBAH: KEMARIN RAIH 5 MEDALI, HARI INI SABET 8 MEDALI DI BERBAGAI KOMPETISI BERGENGSI…!!!