Home / Nasional

Kamis, 29 September 2022 - 18:56 WIB

Puslitbang Bimas Agama Kemenag Gandeng Omah Jogja Jatim Gelar Kongsi Penguatan Moderasi Beragama

Penulis: Maghfur/Telisik Hati

BN News.com – Omah Jogja Jatim menggelar Kongkow dan Diskusi Moderasi Beragama bersama Puslitbang Bimas Agama Kemenag RI di Fakultas Kopi pada Kamis (29/09/2022).

Acara bertajuk “Pemuda, Islam dan Gerakan Moderasi Beragama” tersebut diikuti oleh puluhan kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) IAI Qomaruddin, PMII Evolusi Universitas Qomaruddin, Alumni PMII Jogja, dan beberapa mahasiswa.

Kasubag Puslitbang Bimas Agama Kemenag RI, Rizki Riyadu Topeq mengatakan moderasi beragama perlu digalakkan di berbagai daerah karena moderasi bergama itu tidak hanya teori.

“Pertama, di sini saya ingin menjalin silaturahmi. Moderasi Beragama ini harus dikampanyekan, disebarkan, itu prinsip pertama,” kata Topek, dalam acara yang dipandu oleh Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya, Hasan Mahfudh.

Di samping itu, Topeq juga menambahkan bahwa moderasi beragama juga mempunyai prinsip anti-kekerasan, bahwa moderasi beragama “menolak segala hal yang berbau kekerasan. Tidak boleh asal tawur. Ketiga, moderasi beragama harus menghargai tradisi lokal.”

“Yang paling penting, prinsip keempat, moderasi beragama juga harus ikut aturan negara yang ada, kalau di Indonesia berarti UUD. Jika menyeleweng, berarti tidak moderat,” tambahnya.

Pada gilirannya, Ketua Omah Jogja Jatim, Moh. Hisyam menjelaskan mengapresiasi Puslitbang Bimas Agama Kemenag RI yang telah memfasilitasi mahasiswa untuk penguatan moderasi beragama.

“Dengan adanya penguatan moderasi beragama ini, dan Puslitbang Bimas Agama Kemenag RI, yang telah memfasilitasi, harapannya ke depan moderasi beragama ini juga digalakkan oleh para pemuda, karena mereka adalah generasi penerus, harus dikuatkan dulu,” kata Hisyam. (Maghfur/Telisik Hati)

Share :

Baca Juga

Nasional

MANTAP! MUHAMMAD DAFFA’ MISBAHUDIN SISWA KELAS XII AGAMA MAN 1 BUNGAH GRESIK RAIH JUARA 1 PENCAK SILAT TINGKAT NASIONAL

Nasional

Selamat Hari Pertama Sekolah, Cak Qodir Ketua Dewan: Jangan Hanya di Depan Pintu Gerbang, Masuk dan Dialog dengan Guru serta Lingkungan Sekolah

Nasional

Pemdes Sukorejo Bungah di Penghujung Ramadan Santuni Anak Yatim Piatu, Kades H Muslikh: Mereka pun Berhak Bahagia Saat Hari Raya Idul Fitri 

Nasional

Berpusat di Tugu Desa, Fatayat NU Lowayu Dukun Bagikan Ratusan Takjil untuk Saudara Muslim di Ramadan nan Suci dan Bergelimang Berkah

Nasional

Ansor dan Banser Gresik Kompak Perkuat Silaturrahim ke Para Ulama – Umara’ di Momen Idul Fitri 1443 H

Nasional

Kepala Kemenag Jatim Turun Langsung Pantau Seleksi Rekrutmen Petugas Haji, Dr. H. Husnul Maram, M.HI: Jika Terpilih, Tolong Layani Jemaah Haji dengan Sepenuh Hati…!!!

Nasional

Sekda Gresik Achmad Washil Tegaskan Tahun Ini RSUD Ibnu Sina Bakal Dijadikan Tempat Rehabilitasi Pecandu Narkoba…!!! 

Nasional

Wabup Ning Min Bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Hadiri Pembukaan Muswil II Pengurus Wilayah IIKA PMII Jawa Timur