Home / Nasional

Senin, 3 Oktober 2022 - 21:23 WIB

PT. Galasari Gunung Sejahtera Ajukan Hak Guna Usaha (HGU) Lahan Mangga, Wabup Gresik Janjikan Percepatan Izin Asal Sesuai Aturan dan Membawa Kemaslahatan…!!!

Penulis: Didik Hendri Telisik Hati

BN News.com – Pemerintah Kabupaten Gresik berjanji akan mempercepat izin investasi maupun pengajuan permohonan lainnya. Itu diberikan sepanjang prosedurnya seduai aturan dan membawa kemaslahatan.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Bupati Gresik Hj Aminatun Habibah menindaklanjuti permohonan Hak Guna Usaha (HGU) lahan PT. Galasari Gunung Sejahtera.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Gresik selalu mensupport segala hal positif yang ada di Gresik ini, selama persyaratan dan ketentuan sudah disesuaikan dengan aturan yang ada. Maka kami pasti akan memberikan support dan perizinan yang nantinya akan mempercepat segala usaha yang ada di Kab. Gresik,” tegas Wabup.

Sebelumnya, Badan Pertahanan Nasional (BPN) Gresik mengundang seluruh pihak terkait saat rapat dan sidang panitia pemeriksaan tanah B di PT. Galasari Gunung Sejahtera Kecamatan Panceng, Senin (3/10).

Dari pemaparan yang ada, rapat ini bertujuan untuk pemeriksaan lapangan dan sidang dokumen tanah B, yang nantinya akan dipergunakan oleh PT. Galasari Gunung Sejahtera sebagai lahan Pertanian Holtikultura dengan komoditas utamanya berupa buah mangga berjenis chokanan, garifta, dan arumanis. Serta menggandeng petani holtikultura.

Sebagai informasi, tanah yang dimaksud berada di Desa Sumerber dan Desa Surowiti Kecamatan Panceng seluas 292.660 m². Tanah ini tercatat atas nama PT. Galasari Gunung Swadaya yang sekarang menjadi PT. Galasari Gunung Sejahtera, dengan haknya atas tanah tersebut telah berakhir tanggal 20 Desember 2013 lalu.

Di tempat yang sama, Kepala BPN Gresik Asep Heri menyampaikan, pemeriksaan dan sidang kali ini sebagai bentuk validasi untuk permohonan HGU oleh PT. Galasari Gunung Sejahtera. Menurutnya validasi ini akan menentukan keputusan akhir, apakah permohonan HGU ini akan ditolak atau diterima.

“Oleh karena itu, salah satu tahapan yang harus dilaksanakan dalam rangka penerbitan sertifikat atau permohonan hak, yaitu melakukan penelitian data fisik dan yuridis, serta perijinan-perijinan yang dimiliki, hal ini nantinya akan menjadi dasar apakah permohonan dari PT. Galasari ini bisa diterima atau ditolak sesuai ketentuan,” ujar Asep.

Selain Wabup dan Kepala BPN Gresik, hadir dalam agenda ini Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Gresik, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gresik, Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan Yogyakarta, di Yogyakarta, Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik, Camat Panceng, Kepala Desa Sumurber, PT. Galasari Gunung Sejahtera Direktur Dinar Ariefin. (Didik Hendri Telisik Hati)

Share :

Baca Juga

Nasional

Sambut HUT Bhayangkara ke-76, Polisi dan Banser Gotong Royong Kerja Bakti Bersih-bersih Kantor MWC NU Dukun

Nasional

Ditunjuk DPP sebagai Ketua DPC PPP Kabupaten Gresik, Gus Huda Siap Emban Amanah dengan Baik Demi Kemajuan dan Kebesaran Partai Berlambang Ka’bah

Nasional

Merawat Nasionalisme, Kapolres Gresik Bagikan 1.700 Bendera Merah Putih kepada Masyarakat

Nasional

Gelar Pasar Murah dan Bazar UMKM BUMN, 5000 Paket Sembako Murah SIG dalam Sekejap Habis Terjual

Nasional

Umrah Dipermudah, Kiai Bungah Gresik Ini Bolak Balik Pimpin Ribuan Jamaah ke Tanah Suci Mekkah Tanpa Jeda, Subhanallah…!!! 

Nasional

Gelar Jumpa Pers, Dewan Ajak Insan Media secara Masif Memberitakan Perda Kemitraan dan Perda Konten Lokal agar Perusahaan di Gresik Rekrut 60 Persen Tenaga Kerja Lokal dan Prioritaskan Produk UMKM Masyarakat

Nasional

SIG Luncurkan Semen Hidraulis Tipe High Early (HE) Pertama di Indonesia, Solusi Konstruksi Ramah Lingkungan

Nasional

Kadinkes Gresik Resmi Launching Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022, dr Khusnah: Target 69.780 Anak Diimunisasi Agar Terhindar dari Berbagai Penyakit