Home / Birokrasi

Kamis, 24 November 2022 - 21:35 WIB

Bupati Gus Yani Bersama Kepala Dinas Satpol PP, Bea Cukai dan Kejari Gresik Sosialisasikan DBHCHT Guna Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Penulis: David/Telisik Hati

BN News.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Gresik, menggelar Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan di Bidang Cukai, Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Kegiatan sosialisasi ini digelar di Balai Desa Guranganyar Kecamatan Cerme, Kamis (24/11/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Gresik Suprapto, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Kantor Bea Cukai Gresik Eko Rudi Hartono, Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik Alifin N Wanda, Forkopimcam Cerme, Kepala Desa Guranganyar Andik dan peserta Sosialisasi.

Saat membuka kegiatan, Bupati Gresik H Fandi Akhmad Yani menyampaikan, peserta yang mengikuti sosialisasi ini, harus menjadi agen. Agen untuk menyampaikan ke masyarakat, bagaimana penegakan hukum dalam peredaran rokok ilegal.

“Ada sesuatu yang merugikan negara, khususnya Pemerintah Kabupaten Gresik, rokok tanpa cukai ini tidak membayar pajak. Maka dijual dengan harga murah. Disitu yang diuntungkan pabrik dan yang dirugikan masyarakat serta negara,” ungkap Bupati.

Menurut Bupati, implikasi dari penerimaan cukai tembakau yang diterima oleh pemerintah pusat dari industri tembakau inilah yang sebagian akan dikembalikan kepada daerah penghasil tembakau dan cukai tembakau.

“Ini untuk dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani tembakau,” beber Bupati Gresik.

Bupati berharap, peserta sosialisasi dapat menyebarluaskan informasi dan pengetahuan pada lingkungan sekitarnya. “Ini untuk membantu meminimalisir peredaran, dengan memberitahukan teman atau tetangga untuk tidak mengkonsumsi rokok ilegal,” kata bupati.

Pemerintah, kata bupati, senantiasa berusaha secara maksimal mencari langkah yang dapat meningkatkan pendapatan negara. Khususnya dari penerimaan cukai rokok yang legal melalui kegiatan ini. Pemerintah bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat lebih optimal dalam memanfaatkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

“Karena DBHCHT ini bisa digunakan untuk kesejahteraan masyarakat, penegakan hukum dan kesehatan,” imbuhnya. (David/Telisik Hati)

Share :

Baca Juga

Birokrasi

Subhanallah, Wakil Bupati Gresik Ning Aminatun Habibah Buka Musyawarah Area (MUSYREA) Komunitas One Day One Juz (ODOJ) Gresik

Birokrasi

Antisipasi Sejak Dini, Gus Yani Minta Semua Pihak untuk Persiapkan Strategi Mitigasi Bencana

Birokrasi

Di Penghujung Agustus, Bupati Gus Yani Tak Kenal Lelah Hadiri Semarak Kemerdekaan HUT RI ke-77 hingga ke Pelosok Desa

Birokrasi

Ratusan Masyarakat Mengare Bungah Tumplek Blek Sambut Kunjungan Dandim Bersama Bupati Gresik di Lokasi TMMD ke-115 Tahun 2022

Birokrasi

Wabup Ning Min Resmikan Gedung SMP Muhammadiyah 4 Gresik

Birokrasi

Roadshow Percepatan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Langkah Kilat Pemkab Gresik Salurkan Bansos: Semoga Berkah dan Bermanfaat…!!! 

Birokrasi

Bupati Gus Yani Bersama YouTubers Purnomo Polisi Baik Sambangi Kediaman Slamet, Warga Kroman Gresik Penderita Gangguan Jiwa

Birokrasi

Dan Akhirnya, Karang Taruna Diperbolehkan Ikut Garap PKH, Bustami Hazim Komisi IV DPRD Gresik: Tanpa Honor, Gaji, Insentif ataupun Sejenisnya Alias Gratis Tis…!!!